Mie Sajian Khas Berbagai Daerah di Nusantara yang Selalu Ngangenin

Tentunya ada banyak diantara Anda yang gemar makan mie bukan, salah satu menu makanan yang praktis disajikan serta punya cita rasa yang nikmat. Namun kali ini kita tidak akan membicarakan mie instan. Melainkan lebih kepada sajian mie tradisional khas nusantara. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia ini sendiri pada dasarnya merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri dari beragam etnis, bahasa dan berbagai latar belakang. Mereka punya ciri khas masing-masing, termasuk diantaranya adalah kuliner khasnya yang menjadi daya tarik.

Sehingga bukan hal yang mengherankan juga jika seandainya setiap daerah di nusantara selalu memiliki hidangan khas mereka. Bertandang kesana tak akan lengkap tanpa ikut mencicipi aneka hidangan khas tersebut. Karena meskipun dari segi tampilannya sendiri, namun dijamin untuk rasa sudah pasti akan berbeda, mengingat setiap daerah punya racikan rempah khusus di dalam menghidangkan menu tersebut, seperti diantaranya adalah mie.

Anda yang termasuk pecinta kuliner mie, maka tentunya sudah tak asing dengan banyaknya aneka sajian mie khas Indonesia, diantaranya ada bakmi jasa khas daerah Jogjakarta, makanan yang satu ini cukup terkenal, bahkan banyak dijual di luar Jawa Tengah. Mungkin bagi sebagian orang ini bukanlah hidangan yang istimewa, karena hanya sebatas mie yang diguyur menggunakan kuah kaldu yang hangat dan juga gurih. Namun jadi hidangan yang wajib untuk dicicipi ketika Anda bertandang ke Jogjakarta, karena memang sudah sangat. Mulai dari kaki lima hingga restoran banyak yang menawarkan menu ini. bahkan dari segi harganya sendiri juga relatif terjangkau, sehingga tak perlu khawatir.

Mie tradisional sendiri pada dasarnya sudah dijajakan atau disajikan sejak puluhan tahun yang lalu. Sebagian besar diantaranya juga disajikan dengan memakai bumbu-bumbu tradisional, hanya saja semakin kesini muncul beragam kreasi dengan menambahkan aneka topping mahal juga bumbu-bumbu lainnya yang semakin meningkatkan kelezatan atau cita rasa mie tersebut. tak heran jika kemudian kelezatannya juga membuat banyak orang ketagihan untuk mencoba hidangan tersebut.

Mie yang masih tradisional tetap menjadi nomor satu di hati masyarakat, selain dari bakmi Jawa sendiri, sebenarnya masih ada diantara hidangan mie tradisional khas Indonesia yang lainnya, seperti diantaranya adalah mie kocok khas Bandung, bagi Anda yang bertandang ke kota kembang Bandung agaknya wajib untuk mencicipinya, dimana hampir mirip dengan bakmi Jawa, maka mie yang ada disini juga diguyur dengan kuah kaldu, bedanya mungkin dari segi topping yang lebih melimpah, karena juga menyertakan tetelan di dalamnya.

Ada pula sajian tradisional dari bahan dasar mie yang lainnya di Indonesia yaitu mie ongklok dari Wonosobo serta mie toprak yang berasal dari Solo. Semua olahan mie tersebut nikmat namun dengan ciri khasnya masing-masing, yaitu dari segi bumbu, bahan baku sampai dengan cara penyajiannya. Tak kalah nikmat juga ada mie lethek dari Bantul yang dinamakan lethek karena warnanya sendiri memang cenderung kusam, berasal dari bahan dasar tepung tapioka dan epung singkong, namun untuk rasanya tetap nikmat.

Selain dari masyarakat etnis Jawa, sebenarnya masih banyak lagi sajian mie dari masyarakat etnis luar Jawa, sebut saja dari Sulawe, Kalimantan dan juga Sumatera. Mie Aceh yang sangat terkenal dengan bumbu rempahnya yang kuat, ada juga mie Koba khas Bangka Belitung sampai dengan Mie cakalang asli Manado dan Mie bancir ala Banjar. Semuanya termasuk dalam jenis makanan ndeso namun ada banyak penggemarnya.

Tags from the story
Written By
More from Etnikom
Tak Kalah Cantik dari Pantai di Bali, Inilah Pantai Pandan Pandeglang yang Bernuansa Bali
Wisata pantai menjadi salah satu tujuan utama yang banyak dikunjungi oleh wisatawan...
Read More
Leave a comment

Your email address will not be published.